Translate

Rabu, 18 Januari 2012

Kang Parmin Juga Internetan

cerpen info nyantai saja.

Kang Parmin tukang becak langganku itu ternyata seorang facebooker.
Ketika suatu kali di hari minggu tidak menjemput dan mengantarku mengajar, aku main ke tempat mangkalnya.

"Kang,lagi kangen istrinya ya,dari tadi kok sms terus?"Tanyaku ketika Kang Parmin aku lihat memainkan hapenya terus dan memang anak istrinya tinggal di desa.
"Hahaha,Mas Sugeng nggak gaul blas,,,nih mas lagi fb an."Jawab Kang Parmin.
"Waduh Kang,pean itu pakai pesbukan segala."aku merasa terkejut meskipun aku sendiri juga fb an dan suka ngenet.
"Lho lo lo,jangan heran mas meski tukang becak,,nih lihat nama profilku ."Kang Parmin kemudian menyodorkan handphonenya padaku.
Aku lihat profilnya foto becak dan namanya Becak Online.

"Temanmu banyak Kang?"
"Enggak Mas Sugeng,cuma sekitar limapuluh."
"Hemm,jauh istri,teman fb nya tentu,abg cantik cantik dong?"Aku menggodanya.
"He he he,nggak mas Sugeng, itu hanya langganan becak,teman teman kang Parmin dan saudara saudara saya."Kang Parmin menimpaliku.

Kemudian Kang Parmin bercerita bahwa,semula yang membuatkan akun facebook adalah anak perempuannya yang kelas satu SMK.
Itu atas permintaan adik Kang Parmin yang merantau ke Taiwan,agar komunikasi dengan saudara saudara di kampung halaman mudah dan murah.
Kemudian Kang Parmin sendiri belajar internet lewat hape dan punya ide akun facebooknya dengan nama Becak Online untuk para langganan becaknya.

"Agar pelanggan saya dan pelanggan teman teman mudah menghubungi dan banyak pelanggan mas Sugeng."Kata Kang Parmin sambil menunjukkan statusnya kepadaku dan terkirim: "Kang Parmin dan kawan kawan telah siap mengantar tuan tuan,nona nona,nyonya nyoya menuju mall di minggu pagi ini,kwkwkwk."

Kemudian Kang Parmin mulai melihat komentar dan tiba tiba:"Jo,,Iyem siap ke pasar sayur,antar Jo!"Dia berkata kepada Parjo.
"Ok,siap bos,,!"Jawab Parjo.

"Kang,sampean apa gak rugi pulsa untuk Becak Online."Aku penasaran dengan berapa pulsa yang dihabiskan Kang Parmin untuk ini semua.
"Jangan khawatir mas,,Kang Parmin ini makai kartu yang biasa di pakai oleh Si Johny."jawab Kang Parmin.
"Johny siapa kang?"
"Itu lo mas Sugeng...Johny yang pak ada upil...! dan suka blak blakan."
"Maksud Kang Parmin Axis?"tanyaku setelah ingat iklan di tivi.
"Tull.,,!"Jawabnya.

Sementara pelanggan becak Kang Parmin dijemput dan antar ke tujuan oleh teman teman kang Parmin,setelah berkomentar di status Becak Online minta dijemput

"Mas Sugeng ini dibaca,,"Kang Parmin menyodorkan handphonenya padaku.
"BLOG BUDAYA JAWA"Tertulis di bagian atas dan diikuti tulisan tulisan kecil dan itu adalah judul blog dan beberapa posting.
Aku baca uraian blog "angleluri budaya jawi",dan entahlah apa isi blog yang kata kang Parmin dibuat lewat operamini hape itu,aku lebih tertarik untuk bertanya kepada kang Parmin.

"Ini blog Kang Parmin,"
Kang Parmin mengiyakkan.
"Nah mas Sugeng,saya ini kalau di kampung ikut grup kerawitan desa,dan saya menulis di blog untuk membagi pengetahuan tentang nabuh gamelan jawa sebagai seni dan budaya supaya tetep lestari." terang Kang Parmin yang pernah mengaku dulu sekolah SMA tapi hanya sampai kelas satu.

Kang Parmin beralih ke pembicaraan tentang pulsa lagi.

"Makanya saya pakai Si Cantik Pink yang akhirnya memenangkan sayembara dan menjadi pasangan Mas Hemat yang mengerti akan kebutuhan internet untuk rakyat agar bisa eksis menyampaikan gagasan dan ide untuk disuarakan ke seluruh dunia.
"Tentu yang dimaksud Kang Parmin adalah Axis." pikirku.


"Oh ya mas Sugeng dan Para pembaca Cerpen Dunia Maya, silahkan baca dan klik yang lewat di bawah,,,bukan ppc dan bukan afiliasi."Kata Kang Parmin dan juga penulisnya tentu

Nb : maturnuwun kagem Cindelaras yang sudah memberikan awards untuk blog ini.,, kula aturi ikutan lomba tulis blog yang bertema eksis dengan internet di http://duniaaxis.co.id

1 komentar:

  1. Iwan@ terimakasih, gaya tulisan blog ini,hehe lam kenal kembali

    BalasHapus

Terimakasih kunjungannya,dan silahkan tinggalkan pesan sebagai saran pada blog sederhana ini salam persahabatan dari cerpen dunia maya

Barangkali kita bisa saling menginspirasi,mohon bila coppy paste sertakan link ke blog ini dan tulis pengarangnya.Terimakasih sahabat cerpen dunia maya